Call Center Dukcapil 24 Jam Siap Melayani Masyarakat

Salah satu bentuk inovasi dari perkembangan teknologi digital adalah pengadaan call center dukcapil 24 jam. Meski terbilang baru, namun layanan ini sangat membantu  dalam mengidentifikasi permasalahan populasi masyarakat. Mengingat saat ini kebutuhan dan kepraktisan perkotaan merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat. Garis panjang dianggap sebagai sesuatu yang kuno.

Di sisi lain, pemerintah ingin informasi kependudukan dan berbagai sosialisasi serta pelayanan tetap dapat dinikmati oleh warganya dengan mudah. Memanfaatkan berbagai kemudahan dalam teknologi dan jaringan informasi, akhirnya terbentuk layanan resmi berbasis online. Bisa melalui call center, messenger populer, atau media sosial mainstream.

Dengan berdirinya berbagai jenis  layanan call center dukcapil 24 jam mulai dari pelayanan langsung di kantor hingga pelayanan melalui online, diharapkan berbagai permasalahan masyarakat dapat segera diidentifikasi dan dicarikan solusinya. Mengingat pentingnya data kependudukan tersebut untuk berbagai kebutuhan program pembangunan dan memberikan perlindungan hukum bagi warganya.

Pentingnya Pencatatan Data Kependudukan dan Catatan Sipil

Berdasarkan undang-undang nomor 24 tahun 2013, setiap warga negara Indonesia wajib melaporkan berbagai peristiwa penting untuk dicatat. Terutama peristiwa yang berkaitan dengan populasi seperti pindah atau mengubah alamat, kelahiran, kematian, pernikahan atau perceraian, dan bahkan data tentang anak-anak.

Data-data ini tidak hanya dicatat, tetapi akan diproses dan digunakan untuk berbagai tujuan program pembangunan dan perlindungan hukum bagi warga negara mereka. Misalnya, dalam kondisi pandemi ini yang menuntut validasi data tersebut sebelum akhirnya diuji kelayakannya untuk menerima program bantuan.

Selain itu, dengan menyediakan layanan call center dukcapil 24 jam  , diharapkan mampu memberikan pemenuhan hak asasi manusia setiap orang, khususnya terkait administrasi kependudukannya. Sehingga tidak ada diskriminasi atau warga negara yang tertinggal atau tersisih dari program tersebut. Contohnya adalah hak untuk berpartisipasi dalam politik selama pemilihan.

Selain itu, kemudahan call center dukcapil selama 24 jam memungkinkan masyarakat untuk lebih sadar akan kewajibannya sebagai bagian dari WNI untuk melaporkan dan mencatat peristiwa penting. Apalagi jika prosesnya mudah dan tidak mengganggu urusannya. Kesadaran ini merupakan indikator keberhasilan pemerintah untuk melindungi warganya secara legal.

Tujuan diadakannya pencatatan sipil untuk masyarakat

Bagi masyarakat, mungkin data yang berkaitan dengan tanggal lahir, tanggal pernikahan, jumlah anak, domisili, dan sebagainya tidak memiliki arti yang signifikan. Tetapi bagi sebuah negara, ini memiliki manfaat yang sangat besar. Khusus untuk Indonesia sebagai salah satu negara hukum, kepastian dan keabsahan identitas harus tertuang dalam undang-undang.

Dengan demikian, masyarakat jika telah mendaftarkan berbagai data – data kependudukan berarti telah diakui oleh keadaan kebenaran informasi tersebut. Sehingga jika ada penyalahgunaan atau berbagai masalah terkait, perlindungan hukum dapat diberikan. Dan berhak menerima berbagai layanan publik yang disediakan. Beberapa layanan publik memerlukan informasi kependudukan yang otentik.

Selain itu, dengan penyediaan data yang akurat, cepat, dan up to date, diharapkan mampu memberikan input data untuk berbagai program dan perencanaan sektor terkait. Baik dalam kegiatan pemerintahan, pembangunan, maupun kegiatan masyarakat. Dengan demikian setiap program dapat tersalurkan secara optimal dan tepat sasaran.

Layanan  call center Dukcapil 24 jam merupakan bentuk kemudahan komunikasi antara pemerintah dan masyarakatnya. Dengan harapan mampu mempercepat pencapaian berbagai tujuan pencatatan sipil. Selain itu, mengingat permasalahan di lapangan semakin kompleks dan beragam, media ini juga mampu sebagai sarana identifikasi dan aspirasi.

Berbagai Layanan yang Disediakan oleh Dukcapil

Secara umum, layanan yang diberikan oleh call center dukcapil berkaitan dengan berbagai masalah data kependudukan. Berdasarkan penuturan Dirjen Dukcapil, Zudan pada Oktober 2020 terdapat 6 dokumen penting yang harus diprioritaskan dalam penanganannya. Dokumen tersebut adalah KK, KTP, akta kelahiran, akta kematian, akta nikah, dan surat keterangan pindahan.

Namun pada dasarnya data kependudukan meliputi pencatatan biodata dan pelaporan melalui  call center dukcapil 24 jam terkait peristiwa penting. Meliputi berbagai hal seperti lokasi, alamat, tempat tanggal lahir, penerbitan nomor induk kependudukan (NIK) dan berbagai hal lainnya, sehingga setiap warga negara benar-benar memiliki perlindungan dan pengakuan hukum.

Saat ini, serta aturan dan rekomendasi mengenai administrasi negara, layanan ini harus dilakukan dengan cepat, akurat dan terintegrasi. Dengan demikian proses validasi dan pengumpulan data dapat berjalan secara real time. Sehingga arsip atau bila diperlukan dalam penyusunan program tidak lagi khawatir salah perhitungan.

Selain melayani berbagai masalah tersebut, call center dukcapil 24 jam juga menyediakan layanan terkait validasi atau pengecekan ulang. Seperti apakah NIK tersebut sudah terdaftar di layanan pemerintah, atau saat ingin mencari informasi terkait data tersebut melalui media online ketika lupa membawa berkas yang dimaksud.

Layanan Berbasis Online Sebagai Solusi

Populasi dengan total lebih dari 200 juta orang tentu memiliki berbagai kendala dan keluhan setiap harinya. Apalagi di masa pandemi seperti ini, sangat disarankan untuk menghindari keramaian, terutama di tempat umum. Termasuk pengurusan berbagai kebutuhan kependudukan seperti kartu identitas atau berbagai surat lainnya.

Online adalah solusi untuk berbagai kebutuhan tersebut, mulai dari menerima keluhan atau masalah penginputan. Dengan demikian, ada berbagai masalah yang dialami di lapangan. Serta memberikan berbagai rekomendasi terkait penyelesaian masalah tersebut. Apakah akan menghubungi pihak kecamatan atau apakah harus melalui jalur tertentu sesuai dengan jenis kendalanya.

Ada berbagai media online untuk mewujudkan call center dukcapil 24 jam tersebut.   Beberapa di antaranya memanfaatkan layanan telepon melalui nomor 1500-537 untuk terhubung langsung dengan Dukcapil pusat. Email dan situs web juga dibuat untuk membantu memberikan berbagai informasi tambahan lainnya. Ini juga menggunakan messenger populer.

Yaitu dengan menggunakan layanan WhatsApp, mengingat sebagian besar penduduk menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi umum. Salah satu bentuk pelayanan berupa cek NIK, dengan mengirimkan format Cek#KTP#NIK dan kemudian mengirimkannya di nomor 0815-3636-9999, maka akan mendapat respon sesuai dengan keluhan anda. Berbagai opsi ini memudahkan warga untuk memanfaatkan fitur layanan ini.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Pelayanan

Disadari bahwa masyarakat, khususnya anak muda, sangat aktif melalui media sosial. Apakah akan mengekspresikan, bermain, berkumpul dengan masyarakat, atau mencari informasi terbaru. Kondisi ini memberikan kesempatan bagi Dukcapil dalam untuk berinovasi melakukan inovasi layanan call center dukcapil 24 jam. Hal itu untuk menjaring aspirasi melalui media sosial, terutama menyasar anak muda.

Ada dua media sosial yang digunakan, yaitu Facebook dan Twitter. Tidak hanya secara pasif menerima laporan yang masuk, tetapi juga menyediakan konten dalam bentuk pembaruan informasi dan berbagai tips serta informatif tentang populasi. Dengan demikian diharapkan pengguna media sosial terbiasa dan semakin memahami pentingnya pencatatan sipil.

Keberadaan berbagai layanan call center online dukcapil diharapkan dapat memenuhi harapan penyelenggara negara. Dengan motto atau semboyan sebagai “sehari harus” di berbagai daerah, berharap dapat memberikan pelayanan respon cepat terhadap kebutuhan mereka. Tidak hanya terkait kendala pengaduan tetapi juga mutilasi.

Saat ini, permasalahan yang berkaitan dengan kependudukan dan pencatatan sipil diharapkan dapat segera diidentifikasi atau diselesaikan. Dibutuhkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam mewujudkannya. Salah satu bentuk fasilitas pemerintah dalam menjembatani hal ini adalah dengan menyediakan  layanan call center dukcapil 24 jam melalui berbagai media online.